#SadarAPBN untuk Kawal APBN 2017

Hai sobat blogger semua! Apa kabar? Tidak terasa bulan sudah berganti menjadi Desember ya! Artinya, sebentar lagi libur panjang dan tahun baru deh! Sudah siapkah kalian semua menyambut tahun baru 2017? Wah apa saja kira-kira yang baru di 2017 nanti ya? Salah satunya, APBN baru untuk negara kita! Tentu saja, APBN di negara kita setiap tahunnya berganti dengan yang baru. Mungkin kalian bertanya, “Terus kalau baru kenapa?”. Iya, kalau APBN baru, berarti pemerintah punya target-target dan pembaruan baru untuk kesejahteraan rakyat termasuk kita. Untuk mewujudkannya, kita perlu mengawal jalannya APBN 2017 nanti dengan cara #SadarAPBN.

Apa itu APBN?

cats

Tujuan APBN adalah untuk mengatur penerimaan dan pembelanjaan negara agar pemanfaatan keuangan negara dapat mencapai sasarannya, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang menjadi amanat Pembukaan UUD 1945 alenia 4. Hal ini juga sesuai dengan UUD 1945 Pasal 23 Ayat 1 yang berbunyi sebagaimana di atas.

graphic2

Dalam menyusun APBN 2017, tentunya pemerintah juga belajar dari APBN sebelumnya, yaitu APBN 2016. Ada baiknya, kita sekilas mengerti bagaimana APBN 2016 yang saat ini masih berlaku. Yuk simak infografis ini dulu:

i-account

Berdasarkan gambar di atas, terlihat bahwa antara pendapatan dan belanja negara tidak seimbang, tentu lebih banyak kebutuhan atau belanja negara. Pendapatan negara diperoleh dari pendapatan dalam negeri dan penerimaan hibah. Sedangkan belanja negara terbagi atas belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah dan dana desa. Penerimaan dan Belanja APBN tersebut dirinci dalam postur APBN 2016 sebagai berikut:

postur-apbn

Pada APBN 2016, pemerintah tetap memfokuskan belanja negara pada tujuan utamanya yaitu untuk kesejahteraan rakyat. Ini buktinya:

Bagaimana dengan APBN 2017?

RAPBN 2017 telah disahkan menjadi APBN 2017 pada sidang paripurna DPR pada tanggal 26 Oktober lalu. Sebelumnya, dalam proses penyusunan APBN 2017, tentu pemerintah merancang kebijakan-kebijakan fiskal yang nantinya akan menjadi pondasi kuat bagi Indonesia untuk menghadapi ekonomi global dan berbagai tantangan moneter.

infografiik-pertamaa

Secara kasat mata, APBN 2017 mempunyai angka lebih rendah daripada APBN 2016. Kita dapat melihatnya dalam perbandingan asumsi makro berikut:

Graphic2.JPG

Selain dalam Asumsi Makro APBN, sama halnya dengan Pendapatan dan Belanja Negara yang ikut turun budgetnya.

Graphic1.JPG

Dengan pendapatan negara sebesar 1.750,3 triliun dan harus membelanjakannya dengan total kebutuhan 2.080,5 triliun, pemerintah tentu akan tetap mengupayakan usaha-usaha untuk tetap mencukupi kebutuhan rakyatnya. Salah satu upaya pemerintah adalah Tax Amnesty yang masih akan berlangsung sampai 31 Maret 2017 nanti. Pendapatan negara dari Tax Amnesty ini memang dinilai efektif dan dijadikan alternatif agar kebutuhan rakyat tetap tercukupi. Kira-kira kebijakan apa lagi ya, yang akan dikeluarkan pemerintah kelak untuk menjunjang perekonomian negara?

Dalam mewujudkan tujuan utama penyusunan APBN yang sesuai amanat UUD 1945, pemerintah mengalokasikan dana untuk pendidikan sebesar 416,1 triliun dan dana untuk kesehatan sebesar 104,0 triliun. Hal ini sudah sesuai dengan pokok kebijakan fiskal APBN 2017 pada poin Belanja yang lebih produktif, dengan rincian:

sakdmk

Berikut grafik peningkatan aspek kesejahteraan rakyat dengan APBN sebagai faktor penggerak utama untuk mewujudkannya:

0031.jpg

Tentu kita berharap agar APBN 2017 nanti dapat berfungsi secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Namun untuk mewujudkannya, tidak semata-mata kita berpangku tangan dan menunggu usaha pemerintah agar berhasil Tentu kita perlu untuk #SadarAPBN untuk ikut menyukseskan jalannya APBN 2017 nanti.

APA YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENYUKSESKAN APBN 2017?

Yang paling pertama dan utama, kita sebagai warga negara yang taat hukum, tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk membayar pajak. Untuk apa uang pajak kita nanti? Perhatikan dengan saksama, ya..

anigif.gif

Nah itu berarti, jika kalian bayar pajak dengan jujur dan sesuai ketentuan, kamu sudah berupaya dalam mewujudkan APBN 2017 yang berorientasi untuk kesejahteraan rakyat. Karena apa? Karena uang pajak yang kita bayarkan akan menjadi pendapatan negara yang akan dialokasikan untuk pembangunan atau kembali untuk kita lagi.

Selain itu, kalian juga bisa ikut tax amnesty. Sudah tahu tax amnesty kan? Bagi yang belum, baca di bawah sini ya..

infografis september web-02.jpg

Apa lagi selain bayar pajak?

Yang dapat kita lakukan adalah mengawasi jalanya APBN 2017 nanti. Jika kalian menemukan tindak korupsi yang sudah jelas akan merugikan negara, segera lapor saja ke Kementrian Keuangan RI melalui website www.kemenkeu.go.id. Kita tentu tidak mau kan, uang yang seharusnya ditujukan untuk kita tetapi malah dikorupsi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab?

Masih mau jadi warga negara yang tidak sadar APBN negeri? Waduh, jangan sobat muda! Pemerintah akan sukses untuk mewujudkan APBN jika kita juga ikut serta menyukseskan dan mengawal jalannya APBN 2017 nanti.

poterrr.jpg

Sumber:

http://www.kemenkeu.go.id/

www.kemenkeu.go.id/apbn2016

www.kemenkeu.go.id/apbn2017

www.kemenkeu.go.id/SadarAPBN

www.finance.detik.com

ekbis.sindonews.com/

http://www.freepik.com

Buku Informasi APBN 2016

Buku Postur APBN

Advertisements

11 Comments

  1. waduuh kok tekor terus ya gan, saya baru tahu kalau pendapatan negara lebih kecil daripada pengueluarannya, kasian negara ini kok bisa gitu ya? atau memang harusnya seperti itu? lantas darimana untuk menutupi kekurangan kekurangannya itu? pleas deh jangan ngutang mulu, saya kuatir kalau negeri ini terlalu banyak hutang bisa di lilit hutang kalau gitu kembali lagi seperti jaman kolonial. wah serem…moga aja perekonomian di negeri ini semakin membaik tanpa harus banyak hutang. saya saja merasakan bagaimana jadi orang yang banyak hutangnya … sedih kalau diceritainmah.., haha

    Liked by 1 person

    1. wkwkwk iya, makanya ituu. APBN negara juga dianggarkan untuk bayar hutang 😀 . dan masalahnya, setiap tahun juga mengalami defisit.
      wkwk iya, saya harap juga begitu..
      makanya, ajak teman2 buat #SadarAPBN juga yaa

      Like

  2. Pengeluaran terbesar negara kita itu bukan untuk bangun fasilitas atau bantu rakyat miskin tapi untuk para koruptor.

    Like

  3. Yang sudah mengeti pasti bakalan bayar pajak, tapi bagaimana bagi yang belum mengerti.. seharusnya pemerintah melakukan pendekatan ke masyarakat, dan menjelaakan tentang keaadaan APBN saat ini, sehingga masyarakat semua mengerti.

    Btw thx infonya gan, bermanfaat banget

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s