Kisah Inspiratif Anak Muda Indonesia Jadi Dokter Sepatu

Anak muda Indonesia memang tidak ada habisnya untuk menginspirasi anak muda lainnya. Jika memang jari digunakan untuk menghitungnya, aku rasa tidak akan cukup. Pemuda yang akan bangkit dan membangun Indonesia. Masa depan bangsa dan negara ada di bahu pemuda. Ya, generasi kita.

boy-633014_1280.jpg
Young and Success

Menurut kamu, pemuda seperti apa yang bisa menginspirasi? Kalau menurut aku, pemuda yang berhasil menginspirasi orang lain adalah pemuda yang memang sukses di usia muda dengan jerih payahnya sendiri. Mereka yang hidup tidak bergantung pada orang tua, mereka yang mengukit prestasi atau memiliki pencapaian tertinggi di usia muda, dan atau mereka yang berhasil membuat harum nama bangsa.

Ngomongin soal sepatu nih, apakah kalian sneaker-addict? Kalau kamu hobi dan suka mengoleksi sepatu, tentunya akan sayang banget dong dengan sepatu kamu. Jangan lupa folks, beda sepatu beda perawatan. Nggak cuma tubuh dan wajah yang butuh perawatan, teman-teman ūüėÄ sepatu juga butuh perawatan agat sepatu kamu tetap awet dan tetap kelihatan kece kalau kamu pakai walaupun umurnya sudah lumayan tua.¬†Nah, kali ini aku mau perkenalin kamu CEO dan Founder Shoes and Care – satu-satunya kedai perawatan sepatu pertama di Indonesia. Jangan salah lagi, dia ini salah satu anak muda kebanggaan era jaman sekarang yang siap menginspirasi kamu.

logo
Shoes And Care

Julukan dokter sepatu memang terlihat nyentrik ya buat Tirta Mandhira Hudhi yang sukses mendirikan Shoes and Care di usia muda. Do you know? Fashion item yang sangat Tirta sukai adalah sepatu. Awal mula atau idenya untuk mendirikan Shoes and Care ini juga berasal dari hobinya sendiri, yaitu mengoleksi sepatu.  Sebelum berinisiatif mendirikan Shoes and Care, dia mencoba mencari peluang suksesnya dengan berjualan sepatu secara online. Ia berniat untuk mencari penghasilan tambahan untuk dirinya yang saat itu masih kuliah.

Di awal cerita, Tirta sukses dengan berjualan sepatu via online store. Jangan salah guys! Dia bisa mempunyai tabungan sebesar Rp 10.000.000 loh! Wah itu sudah jelas awal yang bagus untuk Tirta tentunya. Bayangkan saja, anak kuliahan tapi sudah sukses duluan. Jarang sih menurut aku anak muda jaman sekarang yang justru punya tabungan 10 juta daripada yang selama mudanya menghabiskan uang 10 jutaan untuk kesenangan pribadi yang pastinya bersifat sementara.

hipwee-13-24
Tirta Mandira Hudhi

Tetapi guys,Tirta tergiur dengan banyaknya penghasilan yang sudah ia dapat. Tirta malah lalai dan menghabiskan uangnya tersebut. Namanya anak muda kali ya? Apalagi dengan banyak duit di dompetnya, pasti ingin ini itu untuk diborong. Hal inilah yang membuatnya bangkrut.

Dari sini, kita bisa ambil pelajaran dulu guys. Jangan bangga dengan pencapaian tertinggimu saat ini, terus gali potensi dirimu dan lakukan terus yang terbaik. Oh ya, dari awal cerita ini juga mengajarkan kita untuk konsisten menjaga komitmen. Memang nggak semudah menuliskan lalu menempelkannya di dinding kamar guys, aku sendiri juga susah kok untuk tersus konsisten. Ya namanya manusia, perlu sabar dan ulet untuk menghadapi rintangan. Oh ya, cerita Tirta Mandhira belum mencapai full stop di sini loh, yuk kita lanjut aja.

Kebangkrutan Tirta kala itu membuatnya malu dengan orang tuanya, Demi menjaga “gengsi”, ia tetap berusaha untuk tidak merepotkan orang tuanya. Namun,Tirta harus mengalami pahitnya kegagalan. Setiap kegagalan pasti membawa dampak.¬†Selama 2 minggu berturut-turut,¬†Tirta hanya makan roti tawar yang sudah basi. Tidak lain dan tidak bukan, ya biar cukup biaya hidupnya di kos.Kebayang kan guys gimana rasanya makan roti tawar basi selama 2 minggu berturut-turut?

Tirta tidak mau terus-terusan merasakan getirnya kegagalan, ia tidak mau menyerah begitu saja. Dengan sisa uang yang ada, sekitar Rp 400.000,- ia gunakan untuk modal awal usaha perawatan sepatu yang juga termasuk hobinya. Dengan modal usaha yang bisa dibilang minim itu, ia gunakan utnuk membeli perlengkapan perawatan sepatu seadanya. Inilah awal mula Shoes and Care berdiri. Memang ia sempat pesimis dan berusaha cari jalan lain. Tetapi alangkah lebih menyenangkan untuk bekerja jika pekerjaan itu ia sukai dan yang selama ini menjadi hobinya. Kurang lebih, mindset nya saat itu seperti ini guys:

Saya punya hobby-bersih bersih sepatu. Maka, saya harus bisa hidup dengan hobby itu. Saya harus bisa membuat hobby yang tidak biasa ini menjadi sesuatu yang luar biasa nantinya.

Ini dia contoh hasil kerja dari Shoes And Care:

Wah keren juga tuh. Usaha Shoes and Care Tirta cukup lancar. Bagaimana tidak? Ide kreatif dan inovatifnya tentu membuat trobosan baru dalam dunia usaha. Maka dari itu guys, kalian yang ingin jadi enterpreneur, pandai-pandailah cari peluang usaha dan jangan lupa untuk menjadi pribadi yang selalu kreatif dan inovatif. Jangan lupakan mantra ini juga:

Do what you love and love what you do

Hal yang jarang diketahui kebanyakan orang, Tirta memberdayakan pemuda-pemuda yang putus sekolah untuk menjadi karyawannya. Alasannya, mereka yang tidak punya latar belakang pendidikan sekolah yang mumpuni juga bisa kok dapat lapangan pekerjaan, bagi mereka yang mau aja. Nah gini folks, mereka yang (maaf) mungkin kurang beruntung, tidak bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi bisa dapat berkreasi dan mengembangkan diri mereka, ya walaupun cuma jadi karyawan.Artinya, kita harus bisa lebih sukses dan semakin menggali potensi diri kita masing-masing.

Inilah akhir cerita yang happy ending. Karena IPK Tirta yang sempat turun (karena bisnis perawatan sepatunya gagal), ia bangkit dan benar-benar fokus ke kuliahnya di Fakultas Kedokteran UGM. Ia berkomitmen untuk kuliah sungguh-sungguh mengingat kewajibannya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin dan tentunya untuk membanggakan kedua orang tuanya.

hipwee-16-19

DOA TIDAK PERNAH MENGKHIANATI USAHA

Dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh, manisnya hidup dapat ia rasakan di usia muda. Bisnis Shoes and Care lancar dan mulai berkembang pesat, ia pun lulus dengan menyandang gelar Cumlaude. Sungguh, kenikmatan yang berlipat-lipat tentunya bagi Tirta. Dan kini, ia menjadi seorang Dokter di instansi kesehatan tertentu sekaligus sebagai enterpreneur muda yang sukses dengan bisnis kreatif dan inovatifnya.

Sebagai penutup, ini dia quote penyemangat untuk kita semua, guys:

515c90d4b14be3d35142596b88466849

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s