Ini Cara Cerdas dan Jitu bagi Anak Muda Kece untuk Mengatur Uangnya!

Halo sobat muda sekalian! Kembali lagi untuk bertemu saya. Seperti biasanya, saya ingin menyampaikan sebuah inspirasi untuk sobat muda sekalian agar lebih semangat menggapai puncak kesuksesan kamu. Apakah yang menurut kamu menjadi tolok ukur kesuksesan seseorang? Yap, betul! Salah satunya adalah uang. Secara realistis, banyak orang beranggapan bahwa memiliki banyak uang artinya ia sudah sukses. Tidak salah lagi ya. Sobat muda pasti juga mau kan sukses dan punya banyak uang?

Uang memegang peran penting untuk kehidupan kita. Baik sekarang yang masih muda masih imut, dan untuk saat menginjak usia tua nanti. Seseorang yang sukses tidak hanya bekerja lalu mendapat uang yang banyak. Sebenarnya, aspek management yang berpengaruh paling besar terhadap kesuksesan seseorang. Kenapa? Ya percuma saja kalalu kita bekerja dan sudah mendapat banyak uang tetapi kalau manajemen kita buruk, uang itu akan semakin menyusut dengan mudah. Maka dari itu, manajemen keuangan tentu harus menjadi salah satu skill pribadi kita. Usia muda adalah usia paling potensial untuk menanamkan mindset tentang manajemen keuangan. So, kali ini kita akan membahas perencanaan keuangan di usia muda. Yuk, Atur Uangmu Sobat! 🙂

Seperti apakah manajemen keuangan itu?

Manajemen keuangan yang di maksud adalah sistem manajemen yang berorientasi ke depan. Bagaimana maksudnya? Mumpung usia kita masih muda, kita gunakan energi kita sebanyak-banyaknya untuk hal-hal yang menyongsong kesuksesan dan usia tua nanti. Jadi, kita harus membuat financial planning atau rencana keuangan. Mulai dari sekarang, biasakan untuk menyusun rencana keuangan (yang meliputi segala aspek kehidupanmu, seperti: pengeluaran, kebutuhan, income, dll) versi kamu sendiri, baik jangka pendek dan jangka panjang. Menyusun rencana keuangan sejak dini tentu akan membantu kamu untuk menentukan target dan batasan keuangan kamu untuk kedepannya. Jadi, itulah pentingnya menanamkan sistem manajemen keuangan yang berorientasi ke depan di saat kamu masih muda.

motivational-typography-quotes-3

Apa saja wujudnya?

Seperti yang sudah saya sebut di atas, hal ini lah yang harus menjadi salah satu skill andalan kita. Secara garis besar, manajemen keuangan utamanya berwujud perencanaan. Maka kamu sendiri yang berencana untuk mengatur pembagian penggunaan uangmu atau financial usage. Nah, yang namanya rencana untuk masa depan, kita perlu persiapan sejak dini. Bentuk manajemen keuangan yang berorientasi ke depan meliputi hal-hal penting yang kamu butuhkan untuk ke depannya. Maka dari itu, inilah 4 poin sebagai jurus jitu manajemen keuangan kamu:

136.jpg
Source: http://www.sinarmasmsiglife.co.id

  • Menabung

Menabung menjadi hal umum dan paling penting dalam hidup kita. Dalam menyusun financial planning, jangan lupa untuk menaruh tabungan dalam skala prioritas kamu. Entah bagaimana caranya, kamu harus menabung. Di jaman sekarang, anak muda yang mempunyai tabungan jauh lebih kece daripada mereka yang memaksimalkan pengeluaran. Mumpung usia masih muda, ayo tumpuk tabungan sebanyak-banyaknya. Kebutuhan yang mendesak dan kritispun akan masih tetap jalan dengan uang cadangan atau uang tabungan yang sudah kamu timbun.

Lebih baik menghemat uang di usia muda, daripada tuanya terlunta-lunta.

Tenang sobat, pasti ada beribu cara untuk tetap menjaga konsistensi kamu untuk menabung. Menurut saya, ini beberapa caranya:

  1. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, kamu akan membeli barang-barang prioritas kamu, yaitu barang-barang kebutuhan kamu saja. Kamu tidak akan membuang-buang uang untuk membeli barang yang sebenarnya jarang atau bahkan tidak kamu butuhkan
  2. Menabung di awal bulan. Segerakan menabung setelah kamu mendapat uang, walaupun tidak langsung dalam jumlah banyak.
  3. Menabung di bank. Menabung bank akan memberi kamu motivasi tersendiri untuk menyetor uang tabunganmu ke bank secara berkala.
  4. Ganti lebih banyak uang tabungan yang sempat kamu gunakan saat keadaan mendesak.
  • Investasi

Menurut saya, investasi hampir sama seperti menabung, yang berbeda adalah wujudnya. Investasi berupa menabung dalam wujud emas, mata uang asing, obligasi, reksadana, properti, barang koleksi dan lain-lain. Apasih sebenarnya tujuan dari investasi? Investasi bertujuan untuk 2 poin utama berikut:

  1. Pertumbuhan aset

Berinvestasi bertujuan untuk menumbuhkan nilai jual atau nilai financial dari aset yang kamu investkan. Contoh sederhana adalah investasi emas. Harga emas secara berkala akan naik, maka nilai jual dari emas itu akan tumbuh dengan sendirinya

2. Sebagai penghasilan pasif

Poin ini adalah sebagai akibat dari poin pertama. Dengan adanya pertumbuhan nilai financial dari aset kamu, kamu akan mendapatkan laba. Laba itulah yang menjadi penghasilan pasifmu. Kawula muda juga harus mencoba untuk berinvestasi ya. Enak kan, dapat penghasilan tambahan dari barang yang kita sayangi sendiri? Maka Investasi ini menjadi poin plus-plus untuk kamu yang ingin sukses lebih dini. Tidak ada salahnya untuk mencoba, kawula muda!

Contoh investasi yang bisa kamu mulai adalah investasi emas dan mata uang asing. Investasikan sebagian tabunganmu ke mata uang asing. Selain akan tetap awet tabungannya, kamu bisa mendapat laba dari hasil pertumbuhan atau perubahan kurs mata uang asing. Anak muda wajib coba nih! Kan keren, punya tabungan dengan mata uang asing. Yang kedua emas, kamu cewek-cewek cantik bisa investasikan uang mu dalam bentuk emas. Selain menambah keindahan penampilan, kamu juga akan bangga kalau barang itu milikmu sendiri. Nilai jual emas selalu berubah-ubah, kadang naik dan turun. Cari momen yang pas aja kalau mau menukarnya dengan yang lebih bagus atau menjualnya.

  • Memulai bisnis

Di era yang sudah serba modern ini, sudah banyak bisnis tumbuh di kalangan kawula muda. Kamu jangan sampai ketinggalan ya! Kenapa memulai bisnis bisa menjadi salah satu cara jitu mengatur keuangan? Karena menurut aku, bisnis juga dapat menyebabkan laju pertumbuhan keuangan kita melalui laba. Mungkin memang tidak utama dan harus dilakukan, tapi mencoba untuk memulai bisnis akan lebih mengarahkan kemana uangmu harus digunakan. Langkah demi langkah yang ditempuh, pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Memulai bisnis tidak harus dengan modal besar, modal sedikit juga bisa. Bagi kamu yang masih menjadi pelajar, jangan takut memulai bisnis. Bisnis sederhana seperti menjual pulsa dan menjadi reseller sudah populer sekarang. Jangan lupa gunakan prinsip berbisnis:

98f4a83739d4bcb0dfc121a971b63b7b.jpg

Bisnis adalah penunjang perekonomian paling utama di dunia. Bisnis inilah yang menyebabkan perputaran atau rotasi uang secara kontinu. Memulai bisnis sejak usia belia akan mempermudah kamu untuk membuka atau mencoba peluang bisnis baru yang lebih besar kelak. Bisnis mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang jujur, kreatif, ulet dan pantang menyerah.

Oh iya, jangan takut untuk bertekad menjadikan hobby mu menjadi bisnis ya kawula muda! Memulai bisnis yang diawali oleh hobby tentu akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Contohnya Tirta Mandhira Hudi yang memanfaatkan hobinya sebagai peluang dan ide cerdas untuk memulai bisnis. Tunggu post berikutnya untuk cerita Tirta Mandhira Hudi ini ya guuyys!! Tirta mempunyai hobby untuk mengoleksi sepatu, dan hobinya ini menjadi ide cemerlang bisnis inovatifnya, yaitu mendirikan sebuah jasa perawatan sepatu pertama di Indonesia loh!

Kamu yang hobby menulis, bisa coba buka peluang bisnis kamu dengan menjadi freelancer mungkin, atau menjadi blogger, atau ikut jasa penulisan artikel yang sekarang ini banyak yang membutuhkan. Atau kamu yang hobby di social media, bisa mencoba membuka peluang bisnis dengan menjadi buzzer,vlogger, atau memanfaatkan socmed kamu menjadi media marketing.

  • Asuransi

Jangan anggap asuransi tidak penting untuk menunjang kehidupanmu, sobat! Justru malah asuransi adalah salah satu poin penunjang kesuksesan manajemen keuangan kamu.

 Mengapa?

screenshot-insurance-infographic.png
Source: http://www.gerberlife.com

Roda kehiudupan yang kita jalani tidak selalu mulus dan sesuai dengan harapan dan rencana. Terkadang muncul hal-hal tidak terduga yang melenceng dari rencana yang kita buat. Maka dari itu, kita butuh cadangan untuk menyelesaikan masalah itu dengan cepat dan tepat. Nah, asuransi lah jawabannya.

Asuransi dibutuhkan untuk menunjang hal-hal tidak terduga yang menimpa kehidupan kamu. Tentu kamu tidak bisa memprediksi secara pasti apa yang akan terjadi kepada kamu di suatu hari nanti, maka untuk menopang rencana keuangan kamu, kamu sangat membutuhkan yang namanya asuransi. Asuransi akan berguna disaat kamu ditimpa hal-hal yang tidak kamu inginkan, dan tidak akan mengurangi uang tabungan kamu untuk membiayai kerugian yang kamu alami.

Macam-macam asuransi

43563486-Vector-Hand-protect-Insurance-feature-icon-Insurance-business-concept--Stock-Vector.jpg

  1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan keuntungan finansial kepada orang yang ditunjuk atas kematian tertanggung. Berbagai bentuk asuransi jiwa yang dikeluarkan. Beberapa menyediakan pembayaran hanya setelah kematian tertanggung, sebagian perusahaan asuransi yang lain ada bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan sebuah produk asuransi yang khusus menangani masalah kesehatan akibat suatu penyakit dan menanggung proses perawatan kepada pada anggota asuransi nya. Umumnya termasuk melindungi dan menanggung pada cedera, cacat, sakit, dan kematian karena kecelakaan.

3. Kendaraan

yaitu asuransi terhadap cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kendaraan tertanggung. Asuransi mobil juga dapat membayar untuk kehilangan, atau kerusakan, kendaraan bermotor tertanggung. Kebanyakan

4. Pendidikan

Ini merupakan salah satu jenis asuransi yang paling populer saat ini. asuransi pendidikan merupakan sebuah solusi cerdas untuk menjamin kehidupan menjadi lebih baik. contohnya orang tua yang mengasuransikan pendidikan anak. biaya premi yang harus dibayar oleh peserta asuransi tergantung pada jenis pendidikan yang ingin didapatkan kelak.

5. Kepemilikan rumah

Asuransi pemilik rumah ‘melindungi pemilik rumah dari kerugian yang berkaitan dengan tempat tinggal mereka, asuransi properti pribadi melindungi terhadap kehilangan, atau kerusakan, barang-barang tertentu milik pribadi. ini termasuk melindungi dan memberikan keringanan apabila terjadi kecelakaan pada rumah anda seperti kebakaran dan lain sebagainya.

Asuransi akan sangat berguna untuk manfaat hidup kamu. Jika kamu ditimpa hal-hal tidak terduga, pasti kamu membutuhkan biaya untuk menyelesaikannya. Tetapi kalau kamu sudah berasuransi, kamu bisa tenang-tenang saja tanpa takut finansial kamu merosot atau bahkan merepotkan orang lain.

 

Berbicara soal asuransi, saya ingin berbagi cerita sedikit tentang perusahaan asuransi favorit keluarga saya.  Perusahaan tempat ayah saya berkerja sama dengan perusahaan asuransi Sinarmas yang memberi kami sejuta manfaat. Ayah saya mendapat jasa asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarganya. Sehingga masing-masing anggota keluarga memiliki sebuah kartu asuransi kesehatan dari Sinarmas, seperti ini:

Keren ya, SimasCard nya? 😀

Asuransi ini sangat terasa manfaatnya ketika keluarga kami ditimpa musibah. Berkali-kali perusahaan asuransi ini memberi kemudahan akses perawatan kesehatan untuk keluarga kami. Dulu saya mengalami kecelakaan dengan kakak saya, sehingga butuh perawatan di rumah sakit. Saat itu, orang tua saya sedang mengalami surut finansialnya. Terpaksa uang tabungan ayah dan ibu saya harus diambil untuk biaya perawatan saya dan kakak saya.

Tetapi, kemudahan dan kebaikan dari Asuransi Sinarmas membuat hidup kami bahagia dan tenteram lagi walau baru saja ditimpa musibah. Tidak lama setelah ayah saya kembali ke tempat kerjanya (ayah saya bekerja di luar kota), ia mendapat cash back dari Sinarmas. Semua biaya yang pernah dikeluarkan oleh ayah saya diganti oleh Sinarmas. Hal itu sama saja Sinarmas yang menanggung biaya perawatan kesehatan saya dan kakak saya. Sehingga uang itu akan ditabung lagi untuk mengganti tabungan yang sudah dipakai. Kami tidak perlu mengumpulkan tabungan dari awal lagi karena hal-hal yang tidak terduga dan mendesak seperti ini.

Jadi sistem di tempat ayah saya bekerja seperti itu. Mungkin saja berbeda dengan sistem asuransi kesehatan Sinarmas yang lain atau bisa saja sama saya kurang tahu. Hal yang sama juga terjadi di saat anggota keluarga kami butuh perawatan medis lainnya. Sinarmas selalu siap untuk memproteksi jaminan finansial dan membantu mengantisipasi di masa yang akan datang. Thank you so much Sinarmas MSIG Life! We love youuu :*

Nilai plus dari SimasCard yang saya miliki itu bisa dilihat di bagian belakang kartu. Di situ tertulis “Kartu ini berfungsi juga sebagai kartu diskon pada merchant yang yang bertanda SimasCard”. Super sekali! Dimana lagi coba mendapat kartu asuransi yang juga bisa buat kartu diskon? Sinarmas MSIG Life keren ya..

Dari pengalaman ini saya bisa menyimpulkan ada 2 manfaat sekaligus yang menyangkut rencana keuangan diatas. Yang pertama adalah manfaat menabung dan manfaat ikut asuransi.  Tabungan bisa digunakan saat waktu mendesak, dan asuransi lebih menjamin kami saat keadaan sempit namun butuh perawatan kesehatan semaksimal mungkin.

Kawula muda, jadi jangan dianggap remeh untuk ikut asuransi. Kamu akan merasakan manfaat yang sangat besar karena disaat keadaan mendesak dan tidak disangka-sangka seperti itulah dimana keadaan seseorang akan merasa terbebani. Namun jika kamu ikut asuransi, perusahaan asuransi atau jasa asuransi itu akan membantu meringankan beban yang kamu tanggung. Asuransi sangat berguna untuk memproteksi jaminan finansial kamu dan antisipasi di masa yang akan datang

 

Itulah sobat pentingnya kita tahu manajemen keuangan yang berorientasi ke depan. Kita bisa mempersiapkan segala sesuatu di awal dan menanggulangi resiko-resiko tidak terduga nanti kedepannya. 4 poin di atas dapat membantu kamu untuk SIAP SUKSES di masa depan. Saya ulang sekali lagi, manajemen keuangan sangat penting untuk dijadikan skill pribadi kita, karena kita tidak akan lepas dari transaksi keuangan di dunia ini. Lebih baik uang sedikit dengan manajemen bagus tapi awet daripada uang banyak tanpa manajemen tapi cepat ludes. Kita akan merasakan nikmatnya sukses kelak di masa depan dengan manajemen keuangan sejak usia muda. #YukAturUangmu sejak usia muda! #SmileWithMe

Saya beri sobat semua infografis keren ini yang bisa dijadikan konsep di pikiran kamu untuk cerdas mengatur uangmu. Semoga sobat muda semua menjadi sukses kelak!

INFOGRAFIS-W4-OCT-16-1.png

Selain poin-poin di infografis di atas, ada 2poin lagi untuk menunjang kesuksesan finansial kamu, yaitu :

  1. Berbagi dengan orang lain. Seberapapun kamu berbagi kepada orang lain, kamu akan mendapatkan lebih banyak dari itu
  2. Tetap hidup sederhana

Ngomong-ngomong, Sinamas MSIG Life baru mengadakan blog competition dengan hadiah jutaan rupiah lo! Ayo, ekspresikan ide mu! Untuk lengkapnya, cek aja di sini.

Advertisements

5 Comments

  1. sungguh bermanfaat sekali ini arikel bisa membuat pembaca mengerti tencang cara mengatur keuangan untuk masa depan
    terimakasih gan sudah meluangkan waktu untuk berbagi tips yang sangat bermanfaat ini

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s