TESLA MANAF: GITARIS MUDA KELAS DUNIA JADI GENERASI #MUDABIKINBANGGA

tes.jpg

Hai sobat muda, udah pernah kenal dengan nama Tesla Manaf belum? Sudah dong, dia kan terkenal di kancah internasional karena musiknya yang rumit dan anti mainstream. Dia ini gitaris muda Indonesia kelahiran Jakarta, 29 Agustus 1987 dengan nama lengkap Tesla Manaf Effendi. Bakat musiknya ini sebenarnya sudah turun temurun dari sang kakek, dan semua anggota keluarganya pun pecinta musik. Pasti sobat langsung berpikir “Pantesan, udah ada bakat seni musik sih. Makanya berprestasi jadi musisi”. Eits! Tapi jangan salah dulu, sobat muda! Ada hal yang menarik dari kehidupan Tesla Manaf ini yang akan menginspirasi sobat muda termasuk saya. Tesla dikenal di kancah internasional sejak terikat kontrak dengan perusahaan rekaman di Amerika Serikat untuk 2 album.

Sejak umur 4 tahun Tesla sudah terbiasa dengan musik jazz kesukaan ayahnya, musik 70an dan 80an kesukaan ibunya, dan musik death metal kesukaan kakaknya. Saking seringnya mendengarkan musik sejak kecil, dia belajar alat musik mulai usia 9 tahun. Ia lebih suka ke gitar untuk menunjang hobby dan passionnya dalam musik. Awalnya ia belajar gitar sendiri, namun mengetahui kemampuan dan kesenangan anaknya, orang tua Tesla mengirimnya untuk ikut kelas musik di Yamaha Music School. Pengaruh dari keluarganya ini menyebabkan Tesla menyukai musik akustik progresif atau neoklasik dalam aliran musik jazz, sesuai dengan kesukaan ayah dan kakeknya.

Setiap kesuksesan dan keberhasilan pasti tidak instan. Melainkan membutuhkan perngorbanan dan kerja keras seiring hambatan yang menyertai proses menuju keberhasilan. Kamu tahu sobat muda? Ada hal yang surprising di tengah proses Tesla menuju kemahiran bermain gitar. Keluarganya tidak menghendaki Tesla untuk berkecimpung di dunia musik, melainkan menginginkan Tesla untuk terjun dan bekerja di dunia bisnis. Namun Tesla masuk di Universitas Padjadjaran Fakultas Ilmu Sosial Politik. Tentu hal ini sangat kontras dengan hobby, passion, dan cita-cita Tesla untuk menjadi musisi handal. Ia sempat berpikir, mau dikemanakan passionnya ini? Tesla memutuskan untuk tinggal jauh dari orang tua. Ia menyewa kamar kos di Bandung berukuran 3 x 5 m. Tak lain dan tak bukan, alasan Tesla melakukan hal ini adalah agar ia tetap bisa melanjutkan passionnya, yaitu terus menekuni dunia musik khususnya gitar.

Duduk di bangku kuliah yang jelas keluar jalur passionnya ini mendorong Tesla untuk berlatih bermain gitar lebih keras dan keras lagi untuk meningkatkan kemampuan musiknya. Apalagi kegemarannya terhadap aliran neoklasik yang bisa terbilang rumit musiknya ini membuatnya sering ditertawakan dan diejek teman-temannya yang mendengarkan Tesla bermain musik kesukaannya itu. Teman-temannya sering berkata “Musikmu aneh, Tes!”, “Musik apa sih ini, Tes” dan lain sebagainya yang mengatakan kalau musik Tesla aneh dan sulit untuk dinikmati. Bagaimana tidak? Tesla menekuni musik jazz neoklasik atau akustik progresif yang dipadukan dengan fusion rock. Tentu aliran musik yang jarang atau dinikmati kalangan pemuda Indonesia yang cenderung suka ke musik pop.

tesla-manaf-copy5

Menurut Tesla, untuk yakin terhadap passion dirinya sendiri itu sangat penting. Semua mimpi mempunyai tantangan masing-masing. Walaupun tidak semua anak muda memiliki keyakinan yang besar untuk menjalani hidup sesuai dengan mimpi atau passionnya, ia tetap mempertahankan keyakinannya bahwa passionnya memang musik, bukan hal lainnya lagi. Ia tidak pernah muluk-muluk dalam menetapkan batas mimpi. Ia selalu berusaha untuk menyesuaikan dengan kapasitas dirinya. Tetapi, sebelum Tesla menentukan mimpi, ia berusaha untuk memperbaiki diri sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Menurutnya, dari hal tersebut ia tahu batasannya, tetapi proses belajar tidak ada stopnya. Baginya, menekuni musik neoklasik atau akustik progresif seperti itu tetap dilakukannya sebagai wujud konsistensinya. Walaupun di teman-temannya tidak menyukai musik Tesla, ia sudah bertekad diri atau berniat bulat bahwa inilah yang ia tekuni karena ia yakin akan passionnya ini. Apalagi kalau bukan musik seperti ini yang ia tekuni, karena ia tidak bisa apa-apa lagi selain memainkan musik seperti ini.

Tesla sangat yakin, dengan menekuni musik anti-mainstream yang mungkin ia pikir tidak ada penikmatnya, akan membuahkan hasil yang manis nantinya. Yang terpenting baginya saat itu adalah berjuang mempertahankan passionnya dan berlatih tanpa henti dan tanpa batas untuk meningkatkan skill dan kemampuannya hingga ia yakin ia piawai di bidang tersebut. Ia yakin, karya terbaik akan keluar apabila senimannya diperas seperti kain pel. Makin diperas, makin banyak pula air yang keluar.

Saat ia manggung di ITB, terbesit di pikirannya kalau “aku harus bisa hidup dengan ini”. Hal itulah yang membuatnya semakin menggebu untuk mengejar mimpi dan mengikuti passionnya yang sejak kecil sudah ada. Ada pepatah yang berkata

“Bila kamu punya bakat dan ingin mengembangkannya, kamu harus merelakan segalanya”

Dari pepatah kesukaan Tesla itu, ia mulai belajar untuk keluar dari zona nyaman. Teman, keluarga, kemapanan, kenyamanan, kebiasaan, semua hal yang ia suka dan jika ada yang membuatnya terlalu merasa tenang dan nyaman di dalamnya harus segera ditinggalkan. Memulai sesuatu dari awal memang sulit, namun lebih sulit lagi kalau berjalan tanpa arah dan tidak tahu siapa kita sebenarnya.

Perjuangan Tesla untuk meyakinkan dirinya dan orang lain berbuah manis ketika suatu perusahaan rekaman dari New York USA, MoonJune Records mendengarkan dan mengapresiasi karya musik Tesla yang di upload di SoundCloud. Saat itu ia memang ragu-ragu dan hanya menyimpan sendiri karya-karya musiknya. Namun ia mulai memberanikan diri untuk meng-upload-nya di akun SoundCloudnya. MoonJune Records menawarinya untuk melakukan rekaman dan memasarkan karya-karyanya di Amerika. Tesla pun mendapat kontrak kerja untuk 2 album dengan Moon June Records. Dan pada Desember 2014 lalu, albumnya yang berjudul A Man’s Relationship with His Fragile Area dirilis MoonJune Records di New York, Amerika Serikat. Hal inilah yang menjadi pembuktian keyakinannya setelah bertahun-tahun sejumlah orang menyebut musiknya aneh. Kini dikenal lah sosok gitaris muda dari Indonesia dengan aliran musik jazz rumit atau biasa disebut akustik progresif. Namanya yang melambung di kancah internasional membuat harum nama Indonesia. Apalagi ia juga turut membawa nama Indonesia di setiap tournya ke berbagi negara di dunia.

Sobat muda jangan sampai ketinggalan untuk menjadi bagian dari #mudabikinbangga. Kalau bukan pemuda yang punya stamina, siapa lagi yang akan memajukan bangsa? Dari kisah Tesla ini, kita dapat menyimpulkan bahwa kita harus yakin dulu dengan passion kita dan tidak berhenti berlatih dan bekerja keras untuk mencapai suatu titik puncak, yaitu kesuksesan. Daripada kita berusaha untuk memiliki skill dan kemampuan orang lain yang tentunya bukan passion kita, untuk apa kita bekerja untuk hal itu? Ayo kita sama-sama menekuni passion kita hingga kita benar-benar mahir dalam spesialisasi kita. Orang yang bekerja sesuai keahlian, pasti kerjanya cepat, cerdas, dan tepat. Satu quote dari saya untuk kita, sobat muda:

FOLLOW YOUR PASSION, AND YOUR SUCCESS WILL BE INCLUSION.

Oh iya sobat, agar kamu semakin semangat untuk menjadikan dirimu sebagai pemuda kebanggaan, jangan lupa download aplikasi Kurio. Udah tahu Kurio belum? Wah jangan sampai kamu nggak punya aplikasinya. Aku sudah instal dan aplikasi Kurio ini membuat aku semakin semangat dalam mewujudkan cita-citaku. Kurio ini sangat bermanfaat bagi generasi muda seperti kita. Kita bisa tahu jendela dunia dengan lewat aplikasi ini.

unnamed

Aku biasanya membaca what’s trending lewat aplikasi Kurio. Menurutku, dengan menyempatkan diri untuk membaca berita setiap pagi akan membuat kita lebih fresh dan berwawasan. Selain itu, di Kurio kamu bisa pilih topic kamu sendiri. Kamu yang ingin tahu tips sukses, motivasi, kisah inpirasi, pasti ada di Kurio. Kamu bisa baca di mana aja dan kapan aja, guys! Salah satu manfaat berita adalah menjadikan kamu memiliki wawasan yang luas dan tak terbatas. Selain itu, kamu juga lebih update, sobat muda!

Ini dia yang bikin kamu tambah pintar dengan aplikasi cerdas Kurio

  1. Nonton video paling update

2. Simpan dan share artikel/berita favorite kamu

3. Menentukan sendiri topic favorite kamu

 

Download aplikasinya segera ya! Suksesmu jangan ditunda-tunda!

 

Advertisements

7 thoughts on “TESLA MANAF: GITARIS MUDA KELAS DUNIA JADI GENERASI #MUDABIKINBANGGA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s