FYI: Hal-hal tak terduga yang dilakukan otak kita saat tidur

Kita menghabiskan sepertiga hidup kita untuk tidur, aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan kita dan kesejahteraan. Yes or no? :D. Tetapi alasan mengapa kita sangat butuh tidur kadang tidak terjawab atau orang yang menjawabnya mungkin kekurangan dasar teori untuk menjawabnya. Artikel ini bukannya sok ilmiah, lo ya! Kita tahu, kan bahwa tidur membuat kita lebih ber-energi dan meningkatkan mood kita, tetapi sebenarnya apasih yang dilakukan otak saat kita tidur? Apakah kalian menganggap saat kita tidur, otak juga ikut tidur? Let’s check the answer out!

Penelitian telah mengidentifikasi beberapa alasan bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan kita. ketika kita tidur, otak kita memang tidak aktif, artinya tidak banyak melakukan pekerjaannya seperti saat kita bekerja. Tetapi sebenarnya, selama kita tidur, saraf-saraf otak menyala seperti saat jam-jam bangun/ bekerja– sehingga tidak ragu lagi apa yang terjadi saat waktu istirahat kita sangatlah penting untuk otak dan fungsi-fungsi kognitif.

Berikut 5 hal luar biasa yang otak lakukan saat kita tidur — alasan yang tepat untuk tidur saat malam hari:

  • Makes decisions atau menentukan pilihan.

Otak kita bisa memproses informasi dan menyiapkan hal-hal yang akan kita lakukan saat kita sedang tidur, membuat keputusan saat kita tidur atau tidak sadar sangatlah efektif. Penelitian baru sudah ditemukan untuk mengemukakan hal ini.

Salah satu studi saat ini mempublikasikan dalam Jurnal Terbaru Biology (http://www.washingtonpost.com) menemukan bahwa di dalam otak kita terjadi proses yang stimuli kompleks pada saat kita tidur dan menggunakan atau mengaplikasikan informasi ini untuk membuat keputusan saat kita terbangun. Peneliti meminta partisipan untuk mengkategorisasikan kata-kata yang mereka ucapkan — kata-kata yang menjurus kepada binatang atau benda-benda lain; kata-kata yang sebenarnya (dikatakan dg jujur) vs kata-kata palsu — dan meminta mereka untuk mengindikasikan kategori kata-kata yang mereka dengar dengan menekan tombol kanan tau kiri. Ketika tugasnya menjadi otomatis, partisipan diminta untuk melanjutkan tetapi mereka mengatakan bahwa mereka masih bisa terlelap tidur (mereka berada di ruangan yang gelap). ketika partisipan sedang tidur, peneliti mulai mengenalkan mereka dengan kata-kata baru dari kategori yang sama. Alat monitor otak menunjukkan bahwa walaupun subjek sedang tidur, otak mereka melanjutkan untuk menyiapkan fungsi motorik untuk membuat respon ke kanan tau ke kiri berdasarkan kata-kata yang mereka dengar.

Ketika partisipan bangun, tetapi mereka tidak punya koleksi-koleksi dari kata-kata yang mereka sudah dengar. “Mereka tidak hanya memproses informasi kompleks pada saat mereka benar-benar tertidur, tetapi mereka melakukannya pada saat mereka benar-benar tidak sadar” kata Peneliti Thomas Andrillon dan Sid Kouider yang ditulis di Washington Post. “Kerja kita berhasil mengemukakan penemuan baru tentang kemampuan otak untuk memproses informasi saat kita tidur dan saat kita tidak sadar”

  • Membuat atau menggabungkan memori kita 

Ketika kita sedang tidur, otak kita sibuk membentuk memori-memori baru dan atau menggabungkan memori-memori lama,serta menghubungkannya dengan memori yang lebih terkini. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan pembuatan dan penggabungan memori.

Dengan demikian, tidur berperan penting dalam belajar — dapat membantu kita memperkuat informasi terbaru yang kita dapat untuk ingatan yang lebih baik nantinya.

“Kita telah mengetahui bahwa tidur sebelum belajar dapat membantu menyiapkan otak kita untuk informasi-informasi  untuk diingat.” Dr. Matthew Walker, Peneliti Tidur dari University of California, Berkeley mengungkapkan kepada Institut Kesehatan Nasional (http://newsinhealth.nih.gov). “Lalu tidur seteah belajar sangat esensial untuk membantu menyimpan dan memperkuat informasi baru di otak, artinya sedikit kemungkinan untuk kita cepat melupakannya”.

Berpikirlah dua kali sebelum kalian melakukan SKS untuk belajar Ulangan Semester. Ketika kamu semua tidak tidur atau kurang tidur, kemampuan mu untuk mempelajari inforasi baru akan turun sampai 40%. Begitu Dr. Walker mengira.

nah ini kabar baik untuk kalian para pelajar muslim di Indonesia. Gini ya, mendingan kalian tidur dulu lali bangun tengah malam untuk sholat tahajud sekalian belajar. Kan enak tuh? Udah dapet pahala, ingatan mu juga akan semakin kuat kalau kamu belajar pada jam-jam itu.

  • Membuat Hubungan yang Menarik

Tidur dapat menjadi creativity-booster yang sangat ampuh, karena saat pikiran kita dalam keadaan tidak sadar dapat membuat hubungan-hubungan antar hal yang tak terduga dan mungkin saja hal itu tidak pernah terpikirkan oleh kita dalam keadaan sadar/ bangun.

Studi yang diadakan University of California, Berkeley tahun 2007 menemukan bahwa tidur dapat membantu perkembangan asosiasi yang tidak biasa terjadi di dalam otak — yang lebih dapat memacu momen “a-ha” saat kita terbangun. Tahu maksudnya kan? Atau dengankata lain momen munculnya ide secara tiba-tiba. Saat terbangun dari tidur, orang 33%  lebih mudah untuk membuat hubungan atau koneksi antar ide yang jelas dan tidak jelas yang saling berhubungan.

  • Membersihkan racun-racun

Salah satu studi yang dilakukan tahun 2013 mengemukakan bahwa fungsi dari tidur yang sangat penting adalah untuk memberikan kesempatan kepada otak untuk “bersih-bersih”.

Peneliti-peneliti dari University of Rochester mengemukakan bahwa selama kita tidur, otak tikus membersihkan molekul-molekul yang berbahaya yang terasosiasi dengan degenerasi saraf. Ruang antar sel-sel otak sebenarnya meningkat ketika tikus sedang tak sadarkan diri, dan membiarkan otak untuk membilas habis molekul beracun yang tertimbun saat kita terjaga.

“Kita sangat membutuhkan tidur,” kata Dr, Nedergaard, pemimpin Peneliti salah satu studi kepada Institus Kesehatan Nasional. “Karena dapat membersihkan otak (dari hal-hal yang membahayakan diri kita) tambahnya.

Jika kita tidak cukup tidur, otak kita tidak mempunyai waktu yang mencukupi untuk membersihkan racun-racun di otak kita, yang sangat berpotensi dapat mempercepat timbulnya penyakit neurodegenerasi seperti Parkinson dan Alzheimer.

  • Memeplajari dan mengingat bagaimana untuk melakukan tugas-tugas fisikal

Otak kita menyimpan informasi-informasi memori jangka panjang atau sesuatu yang kita kenal dengan sleep spindle, ledakan pendek dari gelombang otak dalam frekuensi yang kuat yang terjadi saat tidur dengan gerak mata cepat (REM sleep).

Proses ini berangsur-angsur dapat membantu menyimpan informasi-informasi yang berhubungan dengan tugas motorik, seperti mengemudi, mengayunkan raket tenis, atau bahkan mempraktekkan gerakan menari yang baru, sehingga tugas-tugas tersebut menjadi otomatis. Apa yang terjadi saat REM Sleep adalah bahwa otak kita men-transfer memori jangka pendek untuk menjadi tugas otomatis yang tersimpan pada korteks motorik ke bagian penyimpanan sementara di otak, dimana nantinya mereka tumbuh berkembang menjadi memori jangka panjang.

“Praktek saat tidur lebih esensial untuk tampil nantinya” begitu kata James B. Maas, ilmuwan tidur di Cornell University kepada American Psychological Association.”jika kamu igin meningkatkan permainan golf mu, tidurlah lebih lama” tambahnya.

Well readers, semoga kalian bisa memahami bahasaku dan tulisanku yang berantakan ini, ya. Maklum, baru belajar membuat sedikit artikel dengan tidak hanya copas :D. Semoga bermanfaat dan kalian senang membaca artikel di blog saya 🙂

Daftar Pustaka:

  1. http://www.washingtonpost.com
  2. http://newsinhealth.nih.gov
  3. http://healthysleep.med.harvard.edu
  4. http://pinoria.com
  5. http://www.scientificamerican.com
  6. http://www.bbc.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s